Senin, 28 Desember 2009

Ponsel Qwerty Masih Akan Jadi Primadona Tahun 2010

Banjir ponsel yang mengusung key pad Qwerty, rupanya masih akan mewarnai tahun 2010. Baik ponsel branded maupun ponsel produk China bakal berlomba-lomba menghadirkan ponsel Qwerty. Yang menarik, harga ponsel Qwerty tak lagi di awang-awang. Diperkirakan akan terjadi penurunan yang signifikan terhadap produk Qwerty ini. Kompetisi, ujung-ujungnya, akan semakin keras saja.


Qwerty adalah sebutan atau istilah untuk key pad di ponsel yang menggunakan papan ketik seperti papan ketik pada mesin ketik atau komputer. Salah satu ciri menonjol adalah huruf Q,W,E,R,T,Y ada pada baris pertama sisi kiri pada papan ketik di ponsel.

Di segmen high end atau premium, diperkirakan Blackberry, Nokia, dan sejumlah vendor branded akan bersaing ketat. Menjelang kehadiran Blackberry Onyx ( Blackberry 8700) Nokia Indonesia melepas salah satu ponsel Qwerty andalannya, Nokia E72. Di lepas dengan harga kurang dari Rp 5 juta, E72 tampaknya sengaja disiapkan untuk menghadang Blackberry Onyx yang harga ritelnya sekitar Rp 6 juta.

Nokia Indonesia sendiri optimistik E72 akan mengulang sukses pendahulunya E66 dan E71. Di pasar Global, kedua ponsel ini mampu menembus angka penjualan sekitar 15 juta unit. Di Indonesia, baik E66 maupun E71 laris manis bak pisang goreng. Ujung-ujungnya, Nokia mengapreasiasi Indonesia dengan penjualan perdana 72 unit E72 pada pertengahan September lalu. Indonesia tercatat sebagai negara pertama di dunia yang menjual E72.

Qwerty memang bukan hanya konsumsi kelompok premium. Kelompok di bawahnya juga membutuhkan ponsel serupa, seiring dengan makin populernya situs jejaring sosial global seperti facebook, twitter atau ebuddy. Pada sisi lain, instant mesengger juga makin mewabah.

dari republikaonline

Tidak ada komentar:

Posting Komentar