Senin, 28 Desember 2009

KENAPA TISU DAPAT MENYERAP AIR ?

Sekilas tentang Tisu
Tisu merupakan salah satu benda temuan manusia yang sangat bermanfaat. Pemanfaatan tisu dapat terlihat dalam kehidupan sehari-hari. Tisu biasa digunakan untuk menggantikan fungsi sapu tangan. Secara umum, tisu digunakan untuk “mengelap” sesuatu agar menjadi lebih bersih. Wajah yang penuh dengan keringat seketika akan menjadi kering setelah diusap dengan tisu. Meja yang basah karena tumpahan kuah sayur akan menjadi kering dan bersih setelah “dilap” dengan tisu. Lalu apa sebenarnya tisu itu?

Tisu adalah benda yang dibuat dari pulp atau bubur kertas. Bubur kertas ini berasal dari batang pohon yang sebelumnya telah diolah secara kimia.

Setelah pulp diolah, bentuk pulp akan menjadi lembaran yang halus dan lembut yang dikenal sebagai tisu. Lembaran-lembaran halus dan tipis itu dikumpulkan dalam bentuk gulungan atau lipatan-lipatan persegi.

Jika ingin memakai tisu, kita tinggal mengambil dari gulungan atau lipatan-lipatan yang telah dibuat dari pabrik pembuat tisu. Selanjutnhya, apa sebenarnya keistimewaan tisu dibandingkan dengan sapu tangan atau kain?
Ya, tisu mempunyai keistimewaan berupa kemampuannya dalam menyerap zat cair lebih cepat dibanding bahan-bahan selainnya. Dengan sebab inilah, tisu dijadikan alat untuk membersihkan keringat dari wajah atau badan manusia.

KENAPA TISU DAPAT MENYERAP AIR?
Penjelasan dari pertanyaan
Selanjutnya, KENAPA TISU DAPAT MENYERAP AIR?

Jawaban perrtanyaan tersebut sebagai berikut:
Tisu mempunyai kemampuan untuk menyerap benda cair (seperti air) KARENA:
Tisu mempunyai pori-pori dalam jumlah yang sangat banyak dan terdapat diseluruh permukaanya.

Alasan kedua kenapa Tisu mempunyai kemampuan untuk menyerap benda cair KARENA :

Tisu dibuat dari bahan-bahan dasar yang tergolong bahan serat alami. Bahan serat mempunyai sifat menahan air yang baik. Dengan sebab inilah, serat dibuat dari bahan batang pohon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar